IQRA: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora http://jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra <p>Jurnal IQRA merupakan jurnal pendidikan, Sains dan Humaniora. Terbitan jurnal ini secara berkala yang ilmiah (eISSN: 2828-0555) yang menyajikan informasi-informasi terkini dan aktual di bidang Pendidikan, Sains dan Humaniora melalui artikel -artikel yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, Jurnal IQRA memiliki misi untuk mendistribusikan informasi serta mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Pendidikan, Sains dan Humaniora. Jurnal IQRA menggunakan <em>Open Journal System</em> (OJS), Jurnal IQRA dapat diakses secara luas dan para peneliti dapat <em>men-submit</em> hasil-hasil penelitian yang dikemas dalam bentuk artikel dengan mengikuti panduan yang telah disediakan oleh jurnal IQRA. </p> id-ID afifuddinkadir@iai-assiddiq.ac.id (Afifuddin Kadir) editoriqra@iai-assiddiq.ac.id (Editorial) Sun, 23 Nov 2025 18:25:33 +0700 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EVALUASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NASIONAL BANAU KOTA TERNATE TAHUN 2024 http://jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra/article/view/52 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan percaya diri peserta didik dengan menggunakan prosedur-prosedur dalam layanan konseling kelompok. Jenis penelitiaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini berjumlah delapan peserta didik kelas VIII di SMP Nasional Banau Kota Ternate tahun pelajaran 2024 yang memiliki percaya diri rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pendukung.</p> <p>Dalam Layanan Konseling Kelompok Guru BK menggunakan teknik dalam Layanan Konseling Kelompok yaitu Memperkenalkan diri, Menjelaskan aturan main dalam konseling kelompok, Menyuruh setiap anggota kelompok mengemukakan persoalan yang saat ini dihadapi, Membahas satu permasalahan yang dianggap paling mendesak untuk dipecahkan, Mempersilahkan setiap anggota kelompok untuk menanggapi persoalan yang dibahas, Setelah menemukan solusi terhadap persoalan, konselor menanyakan kesanggupan anggota kelompok untuk melaksanakan kesepakatan bersama. Menutup pertemuan dengan do,a.</p> <p>Kesimpulannya adalah teknik layanan konseling kelompok bisa diterapkan di sekolah oleh guru BK SMP Nasional Banau Kota Ternate, karna teknik-teknik tersebut sudah terbukti dan sudah tidak asing lagi di sekolah terutama tentang Bimbingan dan Konseling di SMP Nasional Banau Kota Ternate, dan pada saat dipraktekkan sesuai dengan prosedur-prosedur serta sesuai dengan teknik-teknik yang ada, sudah bisa dikatakan berhasil dan layanan konseling kelompokpun sudah terbukti bisa mengatasi permasalahan peserta didik dalam mengatasi masalah yang peserta didik rasakan dan peserta didik alami, serta bisa meningkatkan percaya diri peserta didik melalui layanan konseling kelompok.</p> Radia Aiyub Hak Cipta (c) 2025 Radia Aiyub https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra/article/view/52 Sun, 16 Nov 2025 00:00:00 +0700 PENGEMBANGAN EKONOMI ISLAM BERBASIS KEPENDUDUKAN DI PERDESAAN http://jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra/article/view/50 <p>Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peengembangan ekonomi Islam berbasis Kependudukan di perdesaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan studi kepustakaan.Metode pengumpulan data dengan cara menelaah dan menganalisis berbagai sumber pustaka seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen lain yang relevan dengan topik penelitian.&nbsp;Intinya, peneliti memanfaatkan literatur yang sudah ada untuk mendapatkan informasi, teori, dan pemahaman terkait masalah yang diteliti, tanpa melakukan penelitian lapangan secara langsung.&nbsp;Hasil penelitian ini menunjukkan hadirnya sistem ekonomi Islam di perdesaan akan mampu menjadi alternatif dalam memperbaiki kehidupan masyarakat perdesaan yang mayoritas berada dalam jerat kemiskinan. Kemampuan tersebut mengacu pada prinsip dan praktik ekonomi Islam yang mengedepankan keseimbangan kebutuhan individual dan kelompok untuk mencapai kesejahteraan (falah).</p> Marfitriyana Sumarjan Hak Cipta (c) 2025 Marfitriyana Sumarjan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra/article/view/50 Sun, 16 Nov 2025 00:00:00 +0700 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PEGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK PAUD KEMBANG SPATU DESA TABALEMA http://jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra/article/view/59 <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf &nbsp;dalam&nbsp; pembelajaran kemampuan berbahasa melalui peggunaan media gambar siswa PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rencana penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan terdiri dari 4 (empat) tahap kegiatan utama yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi (pengamatan), dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi.&nbsp; Untuk melakukan analisis data menggunakan teknik deskriptif kompratif dan teknik analisis kritis. &nbsp;Hasil belajar kemampuan mengucapkan huruf konsonan pada anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema menggambarkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar depat meningkatkan kemampuan mengucapkan huruf konsonan anak. Oleh karena itu, penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada indikator bahwa anak mampu mengenal huruf yang benar dengan berdiri di hadapan teman-temannya di depan kelas dapat meningkatkan kemampuan anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema. 2) Peningkatan kemampuan mengenal huruf anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema dengan menggunakan media gambar terlihat pada rata- rata hasil &nbsp;kemampuan &nbsp;mengenal &nbsp;huruf sesudah &nbsp;diadakan&nbsp; tindakan&nbsp; mengalami peningkatan sebesar 8,33% yaitu dari 68,67% menjadi 77%. Dan peningkatan sebesar 18,67% yaitu dari tindakan siklus I sebesar 77% menjadi 95,67%. Keberhasilan tersebut dapat dikatakan karena dari &nbsp;perbandingan pada prasiklus ke siklus I (tingkat kualifikasi berkembang sesuai harapan) dan dari siklus I ke siklus II (tingkat kualifikasi berkembang sangat baik).</p> Masria Atib Hak Cipta (c) 2025 Masria Atib https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra/article/view/59 Sun, 23 Nov 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DI ORGANISASI PEMERINTAH http://jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra/article/view/51 <p>Produktivitas kerja pegawai di organisasi pemerintah merupakan faktor strategis yang menentukan efektivitas pelayanan publik dan pencapaian tujuan institusi. Namun, berbagai tantangan birokrasi, keterbatasan sumber daya, dan rendahnya etos kerja masih menjadi penghambat utama dalam optimalisasi kinerja aparatur negara. Salah satu faktor penting yang terbukti memiliki kontribusi signifikan terhadap produktivitas adalah motivasi kerja. Motivasi menjadi pendorong internal yang mampu menggerakkan individu untuk bekerja lebih efektif, efisien, dan bertanggung jawab. Artikel ini membahas secara mendalam tentang bagaimana motivasi kerja memengaruhi peningkatan produktivitas pegawai di lingkungan organisasi pemerintah. Berbagai dimensi motivasi, baik intrinsik seperti rasa memiliki, kepuasan kerja, dan aktualisasi diri, maupun ekstrinsik seperti insentif, pengakuan, dan stabilitas kerja, memainkan peran penting dalam mendorong kinerja aparatur yang lebih berkualitas. Selain itu, peran atasan, sistem penghargaan, lingkungan kerja, serta kejelasan tujuan organisasi turut memperkuat atau melemahkan pengaruh motivasi terhadap produktivitas. Peningkatan motivasi yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan dapat menciptakan budaya kerja yang adaptif, profesional, dan berorientasi pada hasil. Oleh karena itu, organisasi pemerintah perlu merancang strategi motivasi yang tidak hanya bersifat material, tetapi juga menyentuh aspek psikologis dan sosial pegawai. Temuan-temuan ini memberikan gambaran penting bagi pengambil kebijakan dan manajer publik dalam menyusun pendekatan manajemen kinerja yang lebih humanis dan berdampak langsung terhadap produktivitas organisasi.</p> Juma Luange Hak Cipta (c) 2025 Juma Luange https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra/article/view/51 Sun, 16 Nov 2025 00:00:00 +0700