Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran melalui Kompetensi Guru
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6046468Kata Kunci:
peran kepala sekolah, meningkatkan mutu pembelajaran, kompetensi guruAbstrak
Kompetensi pendidik maupun tenaga kependidikan harus memenuhi syarat yang ditentukan oleh perundang-undangan. Terutama pada tenaga pendidik atau Guru. Dari hasil observasi yang peneliti lakukan pada penelitian pendahuluan menunjukan bahwa masih banyak ditemukan adanya guru paud yang masih berijazah bukan lulusan fakultas keguruan dan SMA. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan diri pada persoalan kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pendidik PAUD. Dengan demikian penelitian ini peneliti berikan judul “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Melalui Kompetensi Guru Pendidikan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Melalui Kompetensi Guru Di Paud Al Iman Kota Ternate. Untuk itu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah Guru menjadi komponen penting dalam menciptakan mutu pembelajaran. dan guru yang berkualitas lahir dari pengrekrutan yang berkualitas. Dari hasil penelitian serta kesimpulan penelitian, maka saran dalam penelitian ini adalah untuk menciptakan sekolah yang berkualitas, maka perlu dilakukan pengrekrutan guru dengan didasarkan pada kualifikasi yang dipersyaratkan atau dengan standar yang ditetapkan.
Unduhan
Referensi
Arso Umi dan Gojali Imam (2010). Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogjakarta: IRCiSoD
Barnawi dan Arifin Mohammad (2012). Etika dan Profesi Keguruan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamisi Kadafid Muhammad (2016). Gaya Kepemimpinan Situasional di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Ternate, Maluku Utara. Tahun Ajaran 2013-2014. Tesis Uhamkah. Jakarta.
Indrafachrudin Soekarto R. (2006). Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia
Iskandar (2009). Psikologi Pendidikan, Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada Press
Kompri (2015). Manajemen Sekolah Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pusataka Pelajar
Koontz Harold dkk (1990). Manajemen, Edisi Terjemahan, Jakarta: Erlangga.
Maleong J Lexy (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya
Mulyasa E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Professional. Bandun: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa Enco (2009). Menjadi Kepala Sekoah Yang Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto Ngalim (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Ramaja Rosdakarya
Rivai Vaihtzal dan Mulyadi Deddy (2009). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Wali Pres
Sallis Edwar (2010). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Peran Strategi Pendidikan Di Era Globalisasi Modern. Jogjakarta: IRCiSoD
Strauss Anselm & Corbin Juliet (2003). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif Tatalangkah dan Teknik Teorisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiono (2010). Metode Penelitian Kialitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardjo M & Komarudin Ukim (2010). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo.
Terry R George Dan Leslie W Rue (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman Husain (2011). Manajemen. Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Wahjosumidjo (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Yamin Martinis H. dan Maisah (2010). Standarnisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press