Strategi Pelayanan Customer Servis pada Masa Pandemi Covid 19 terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Cabang Pasar Gamalama Kota Ternate

Penulis

  • Katarudin Tiakoly Institut Agama Islam As-Siddiq Kie Raha

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6046434

Kata Kunci:

strategi pelayanan, customer servis BRI, covid19, kepuasan nasabah

Abstrak

Strategi Pelayanan Customer Servis Pada Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Gamalama Kota Ternate. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan costemer servis pada masa pandemi covid 19 terhadap kepuasan nasabah pada bank BRI Cabang Pasar Gamalama Kota Ternate. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian yang mendeskripsikan fakta-fakta yang ada dilapangan, lokasi penelitian di bank BRI cabang Pasar Gamalama Kota Ternate dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari nasabah bank BNI cabang pasar Gamalama Kota Ternate melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara yang mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan setelah data dikumpulkan kemudian dilakukan analisis data, reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pelayanan costemer servis pada masa pandemic covid 19 pada bank BRI Cabang Pasar Gamalama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dapat dikatahui dari hasil wawancara. Namun demikian strategi pelayanan masih perlu ditingkatkan terkait dengan sistem pelayanan antrian yang masih semraut didepan kantor bank BRI cabang pasar Gamalama Kota Ternate.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achwan, Harry Tjahjono dan Totok Subjakto (2001). Aspek-Aspek Hukum Perbankan Di Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

B.N Mubun (2003). Kamus Manajemen. Jakarta: PustakaSinar Harian.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa, Edisi 4, Jakarta : PT. Gramedia Pusat Utama, 2008,

Dian Amalia Farhan (2018). Strategi Pelayanan Prima Oleh Customer Service untuk Membangun Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Purbalingga. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Emzir (2012). Analisa Data: Metodologi Penelitian Kualitatif Cet.1-3. Jakarta: Rajawali Pers.

Fandy Tjiptono (2017). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: ANDI.

Hadadi Nawawi dan Martini (1996). Intrumen Penelitian Bidang Sosial. Yokyakarta:Gaja Mada University Press.

Hadari Nawawi (2000). Managemen Strategi Organisasi Non Profit Bidag Pemerintahan Dengan Ilustrasi di bidang pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Hadari Nawawi (2012). Manajemen Strategi Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan Dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press, 2012

Irwan Misbach (2013). Bank Syariah: Kualitas Layanan, Kepuasan, dan Kepercayaan. Makassar: Alauddin University Press.

Kasmir (2006). Etika Customer Service. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kasmir (2006). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Grafindo Pustaka.

M. Nur Rianto (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta cv.

M.. Ismail Yustanto dan M. Karbet Widjatakusuma (2002). Menggagas Bisnis Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Malayu S.P. Hasibuan (2001). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Manullang (2008). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa penerbangan PT. Garuda Indonesia Airlines di Bandara Polonia Medan. Thesis-S2, Universitas Sumatera Utara.

Muhammad (2005). Bank Syariah Problema dan Prospek Perkembangan di Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muri Yusuf (2014). Metode penelitian Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.

Nina Rahmayanty (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yokyakarta: Graha Ilmu.

Ratminto dan Atik (2005). Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Suharsimi, Arikunto (2010). Prosudur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Unduhan

Diterbitkan

04-02-2022

Cara Mengutip

Tiakoly, K. (2022). Strategi Pelayanan Customer Servis pada Masa Pandemi Covid 19 terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Cabang Pasar Gamalama Kota Ternate. IQRA: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(1), 26–41. https://doi.org/10.5281/zenodo.6046434