EVALUASI PERAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI MASALAH KEDISIPLINAN SISWA SMA MAKAMALONGAK TABALEMA KECAMATA MANDIOLI SELATAN TAHUN 2024

Penulis

  • Radia Aiyub Institut Agama Islam As-Siddiq Kie Raha Maluku Utara

Kata Kunci:

Peran layanan bimbingan konseling dan kedisiplinan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan tentang Peran Layanan Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Masalah Kedisiplinan Siswa SMA Makamalongak Tabalema Kecamatan Mandioli Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menganalisis data secara induktif dan menafsirkan makna data. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data  dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru bimbingan dan konseling dapat membantu, membimbing dan menuntaskan masalah yang dialami siswa melalui beberapa layanan yaitu layanan konseling individu dimana pelaksanaan konseling individu ini terbantu dengan adanya buku kendali dan penghubung siswa dan setiap siswa yang dikonseling guru BK memiliki catatan daftar nama-nama dan juga masalah yang mereka miliki. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan dan konseling (BK) memiliki peranan penting dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa di sekolah. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achmad Juntika Nurihsan. (2009). Bimbingan dan Konseling Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama.

Ditjen PMPTT Diknas. (2008). Bimbingan dan Konseling di sekolah (Direktur Tenaga Kependidikan.

Hallen, A. (2002). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Pers.

Hidayat Arifin. (2020). Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Bimbingan

Konseling Islam h. 138.

Lahmuddin. (2011). Landasan Formal Bimbingan Konseling Di Indonesia. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Prayitno dan Erman Amti. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rhineka Cipta.

Sugiono. (2010). Metode penelitian kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

T Tatiah. (2023). Peran Layanan Bimbingan Konseling Terhadap Perilaku Siswa Man 2 Banjar, anterior jurnal , Vol. 22, hlm. 125.

Tohirin (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis intregasi). Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Yusuf, Samsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

Unduhan

Diterbitkan

16-11-2025

Cara Mengutip

Aiyub, R. (2025). EVALUASI PERAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI MASALAH KEDISIPLINAN SISWA SMA MAKAMALONGAK TABALEMA KECAMATA MANDIOLI SELATAN TAHUN 2024. IQRA: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 3(1). Diambil dari http://jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra/article/view/53