MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PEGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK PAUD KEMBANG SPATU DESA TABALEMA
DOI:
https://doi.org/10.5281/iqra.v3i2.59Kata Kunci:
Mengenal, huruf, media, gambarAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf dalam pembelajaran kemampuan berbahasa melalui peggunaan media gambar siswa PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rencana penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan terdiri dari 4 (empat) tahap kegiatan utama yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi (pengamatan), dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Untuk melakukan analisis data menggunakan teknik deskriptif kompratif dan teknik analisis kritis. Hasil belajar kemampuan mengucapkan huruf konsonan pada anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema menggambarkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar depat meningkatkan kemampuan mengucapkan huruf konsonan anak. Oleh karena itu, penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada indikator bahwa anak mampu mengenal huruf yang benar dengan berdiri di hadapan teman-temannya di depan kelas dapat meningkatkan kemampuan anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema. 2) Peningkatan kemampuan mengenal huruf anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema dengan menggunakan media gambar terlihat pada rata- rata hasil kemampuan mengenal huruf sesudah diadakan tindakan mengalami peningkatan sebesar 8,33% yaitu dari 68,67% menjadi 77%. Dan peningkatan sebesar 18,67% yaitu dari tindakan siklus I sebesar 77% menjadi 95,67%. Keberhasilan tersebut dapat dikatakan karena dari perbandingan pada prasiklus ke siklus I (tingkat kualifikasi berkembang sesuai harapan) dan dari siklus I ke siklus II (tingkat kualifikasi berkembang sangat baik).
Unduhan
Referensi
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Depdiknas. 2005. Kurikulum 2004 Taman Kanak-Kanak dan Roudlatul Athfal.
Jakarta:Depdiknas
Dhieni, Nurdiana. et al. 2006. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas
Terbuka
Fauzil Adhim, M. 2007. Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Mizan
Hainstock, E. G, 2002. Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka
Delaprasta
Hamalik Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti
Mediani, Kania Maya. Mengajarkan Membaca pada Anak Usia Prasekolah [online] Tersedia:http://www.mail-archive.com/balita-anda@balita anda.com/msg104356.html
Moenir. 2006. Pengembangan Model Persiapan Membaca dan Menulis (Model
PPMM) untuk Anak Usia TK. Disertasi. Bandung: PPS-UPI, 2006
Nuraeni, E. 2000. Metode Pengembangan Kemampuan Berbahasa. Bandung: Dirjen
Pendidikan Dasar dan Menengah
Patmonodewo, S. 1995. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta Shofi, Ummu. 2008. Sayang Belajar Baca Yuk!. Surakarta: Afra Publishing Tampubolon. 1991. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak.
Bandung: Angkasa
Tarigan, G. H. 1993. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Masria Atib

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

