MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PEGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK PAUD KEMBANG SPATU DESA TABALEMA

Authors

  • Afifuddin Institut Agama Islam As-Siddiq Kie Raha Maluku Utara

DOI:

https://doi.org/10.5281/iqra.v3i2.59

Keywords:

Mengenal, huruf, media, gambar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf  dalam  pembelajaran kemampuan berbahasa melalui peggunaan media gambar siswa PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rencana penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan terdiri dari 4 (empat) tahap kegiatan utama yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi (pengamatan), dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi.  Untuk melakukan analisis data menggunakan teknik deskriptif kompratif dan teknik analisis kritis.  Hasil belajar kemampuan mengucapkan huruf konsonan pada anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema menggambarkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar depat meningkatkan kemampuan mengucapkan huruf konsonan anak. Oleh karena itu, penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada indikator bahwa anak mampu mengenal huruf yang benar dengan berdiri di hadapan teman-temannya di depan kelas dapat meningkatkan kemampuan anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema. 2) Peningkatan kemampuan mengenal huruf anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema dengan menggunakan media gambar terlihat pada rata- rata hasil  kemampuan  mengenal  huruf sesudah  diadakan  tindakan  mengalami peningkatan sebesar 8,33% yaitu dari 68,67% menjadi 77%. Dan peningkatan sebesar 18,67% yaitu dari tindakan siklus I sebesar 77% menjadi 95,67%. Keberhasilan tersebut dapat dikatakan karena dari  perbandingan pada prasiklus ke siklus I (tingkat kualifikasi berkembang sesuai harapan) dan dari siklus I ke siklus II (tingkat kualifikasi berkembang sangat baik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Depdiknas. 2005. Kurikulum 2004 Taman Kanak-Kanak dan Roudlatul Athfal.

Jakarta:Depdiknas

Dhieni, Nurdiana. et al. 2006. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas

Terbuka

Fauzil Adhim, M. 2007. Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Mizan

Hainstock, E. G, 2002. Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka

Delaprasta

Hamalik Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti

Mediani, Kania Maya. Mengajarkan Membaca pada Anak Usia Prasekolah [online] Tersedia:http://www.mail-archive.com/balita-anda@balita anda.com/msg104356.html

Moenir. 2006. Pengembangan Model Persiapan Membaca dan Menulis (Model

PPMM) untuk Anak Usia TK. Disertasi. Bandung: PPS-UPI, 2006

Nuraeni, E. 2000. Metode Pengembangan Kemampuan Berbahasa. Bandung: Dirjen

Pendidikan Dasar dan Menengah

Patmonodewo, S. 1995. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta Shofi, Ummu. 2008. Sayang Belajar Baca Yuk!. Surakarta: Afra Publishing Tampubolon. 1991. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak.

Bandung: Angkasa

Tarigan, G. H. 1993. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia

Published

2025-11-23

How to Cite

Masria. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PEGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK PAUD KEMBANG SPATU DESA TABALEMA. IQRA: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.5281/iqra.v3i2.59