FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BPRS BOBATO LESTARI KOTA TIDORE KEPULAUAN
Kata Kunci:
Faktor Resiko Tinggi, Sumber Daya Insani, kepercayaan, pelayanan, sosialisasi, bagi hasil, promosi, religiusitas, lokasi dan kualitas produk.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah pada pembiayaan mudharabah dan mengetahui pengaruh masing-masing faktor minat nasabah pada pembiayaan mudharabah di BPRS Kota Tidore Kepulauan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM), menggunakan uji kelayakan konstruk (Model) dengan aplikasi SPSS. Indeks pengujian dalam analisis SEM, yaitu probabilitas dari uji chi square, RMSEA, RMR, CFI, GFI, AGFI, NFI, IFI, dan RFI. Kriteria pengujian menyebutkan bahwa apabila nilai tstatistics lebih besar dari t-tabel (1.96) maka dinyatakan terdapat pengaruh signifikan variabel eksogen terhadap variabel endogen. Hasil analisis menunjukkan faktor resiko tinggi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah menghasilkan tstatistics sebesar 4,163>1.96. Faktor sumber daya insani berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menghasilkan tstatistics sebesar 4,272>1.96. Faktor kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menghasilkan tstatistics sebesar 3,456>1.96. Faktor pelayanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah menghasilkan tstatistics sebesar 1,466<1.96. Faktor sosialisasi berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menghasilkan tstatistics sebesar 3,083>1.96. Faktor bagi hasil tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah menghasilkan tstatistics sebesar 0,438<1.96. Faktor promosi signifikan terhadap minat nasabah menghasilkan tstatistics sebesar 2,581>1.96. Faktor religiusias berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menghasilkan tstatistics sebesar 2,720>1.96. Faktor lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menghasilkan tstatistics sebesar 2,366>1.96. Faktor kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menghasilkan tstatistics sebesar 2,533>1.96.
Unduhan
Referensi
Aberchrombie, Nicholas., dkk. Kamus Sosiologi. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010).
Ansori, Abdul Ghofur. Perbankan Syariah di Indonesia. (Yogyakarta: UGM Press, 2007).
Arikunto, Suharsimi. Metodologi Penelitian. (Jakarta: Rineka Cipta. 2002).
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta. 2010).
Ascarya. Akad dan Produk Bank Syariah, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013).
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2018).
Crow D, Leater & Crow, Alice. Psikologi Pendidikan. (Yogyakarta: Nur Cahaya. 1989).
Danupranata, Gita. Buku Ajar Manajemen Perbankan Syari‟ah (Jakarta: Salemba Empat, 2013).
Hariri, Wawan Muhwan. Hukum Perikatan Dilengkapi Hukum Perikatan Dalam Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2016).
Hasanuddin, Maulana. & Jaih Mubarok, Perkembangan Akad Musyarakah, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012).
Huda, Nurul. dan Mohamad Heykal. Lembaga Keuangan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis. (Jakarta : Kencana 2010).
https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankansyariah/Default.aspx#
Indriyono, Manajemen Pemasaran Edisi Pertama. (Yogyakarta : BPFE, 2000).
Karim, Adiwarman. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013),
Kashmir, Pemasaran Bank, (Jakarta: Prenada Media, 2005).
Kashmir. Manajemen Perbankan. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2010).
Laksana, Fajar. Manajemen Pemasaran, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008).
Latan, Hengky. Structural Equation Modelling. Konsep dan Aplikai. (Bandung : Elfabeta. 2012).
Mangunwijaya Y.B, Menumbuhkan Sikap Religius Anak, (Jakarta: Gramedia,1986).
Moenir, H. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. (Jakarta: Bumi Aksara. 2010).
Muhammad. Lembaga Ekonomi Syariah. Edisi Pertama-Yogyakarta; Graha Ilmu. 2007.
Nanang, Martono. Metode Penelitian Kuantitatif Teori & Aplikasi. (Jakarta: Rajawali Pers. 2015).
Nor, Dumairi, Dkk. Ekonomi Syariah Versi salaf. (Pasuruan; Pustaka Sidogiri. 2008).
Quatro, SA. 2002. Organizational Spiritual Norma-tivity as Influence on Organizational Culture and Performance in Fortune 500 Firms. Dissertation at Iowa State University, Iowa.
Riadi, Edi. Statistic SEM Structural Equation Modeling dengan LISREL. (Yogyakarta: ANDI
Sani, Achmad Supriyanto & Vivin Maharani, Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia : Teori, Kuesioner, dan Analisis Data. Malang: Uin Press. 2013.
Sarjono, Haryadi & Winda Julianita. Structural Equation Modelling (SEM). (Jakarta : Salemba Empat. 2015).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Marfitriyana Sumarjan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.