MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BERBAHASA MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI PADA ANAK PAUD KEMBANG SPATU DESA TABALEMA
DOI:
https://doi.org/10.5281/iqra.v2i2.45Keywords:
Pembelajaran mendongeng, perkembangan bahasaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan perkembangan berbahasa menggunakan metode bernyanyi pada anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rencana penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan terdiri dari 4 (empat) tahap kegiatan utama yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi (pengamatan), dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Untuk melakukan analisis data menggunakan teknik deskriptif kompratif dan teknik analisis kritis. Hasil belajar kemampuan mengucapkan huruf konsonan pada anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema sebagaimana di atas, menggambarkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi depat meningkatkan kemampuan mengucapkan huruf konsonan anak. Oleh karena itu, penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi pada indikator bahwa anak mampu mengucapkan huruf konsonan yang benar dengan berdiri di hadapan teman-temannya di depan kelas dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema. 2) Perkembangan bahasa anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema dengan menggunakan metode bernyanyi terlihat pada rata-rata hasil kemampuan mengucapkan huruf konsonan sesudah diadakan tindakan mengalami peningkatan sebesar 8,33% yaitu dari 68,67% menjadi 77%. Dan peningkatan sebesar 18,67% yaitu dari tindakan siklus I sebesar 77% menjadi 95,67%. Keberhasilan tersebut dapat dikatakan karena dari perbandingan pada prasiklus ke siklus I (tingkat kualifikasi berkembang sesuai harapan) dan dari siklus I ke siklus II (tingkat kualifikasi berkembang sangat baik).
Downloads
References
Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Dadan Djuanda. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Lilis Madyawanti. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group
Moeslichaton. 2004. Metode Penagajarn di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta
Muhammad Fadilah & Litif Mualifatu Khorida. 2014. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Masitoh, 2012. Strategi Pembelajaran TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Rosmayanti, E. 2010. Pengaruh Lagu Anak- Anak Terhadap Kreativitas Menulis Puisi Siswa Sekolah. Jurnal Sekolah Dasar, ISSN 2528-2883 Vol. 1 No. 1 Sept 2016.
Rasyid, F. 2010. Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Yogyakarta: Diva Press
Rita Eka Izzaty, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press
Santrock, John. W. 1995. Life-Span Development. (alih bahasa: Achmad Chusairi dan Juda Damanik). Jakarta: Erlangga
Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Slamet Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Sudijono A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tadkiroatun Musfiroh. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Masria Atib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

