EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN KARIR UNTUK SISWA KELAS XII SMA MAKAMALONGAK TABALEMA KECAMATAN MANDIOLI SELATAN TAHUN 2024
Keywords:
Program bimbingan karirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran-gambaran terhadap suatu kenyataan yang sejelas-jelasnya, secara fakta dan akurat tentang pelaksanaan Evaluasi Program Bimbingan Karir Untuk Siswa Kelas XII SMA Makamalongak Tabalema Kecamatan Mandioli Selatan Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa program bimbingan karir dapat membantu siswa mengenali potensi diri, merencanakan masa depan, dan meningkatkan keyakinan diri dalam mengambil keputusan karier. Evaluasi program juga dapat memberikan informasi mengenai efektivitas program, termasuk aspek-aspek yang perlu ditingkatkan dan kendala yang mungkin dihadapi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Program bimbingan karir memiliki potensi besar untuk membantu siswa dalam mempersiapkan diri untuk masa depan. Dengan melakukan evaluasi yang komprehensif, program ini dapat terus ditingkatkan dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa, sehingga dapat memberikan dampak yang lebih positif.
Downloads
References
Anas Salahudin. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia, 2010).
Bimo Walgito. (2009). Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Ita Juwita Ningrum. (2013). “Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK”, (Jurnal Psikopedagogik Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. 2, No. 2, 2013), h. 137.
Lexy J. Moleong. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Muslim Afandi. (2011). “Tipe Kepribadian dan Model Lingkungan Dalam Perspektif Bimbingan Karier John Holland”, (Jurnal Sosial Budaya, Vol. 8, No. 01).
Nurul Zuriah. (2009). Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara.
Prayitno Erman Amti. (1999). Dasar-Dsar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Ridwan (2004). Penanganan Efektif: Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitaif R & D. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah Berbasis Integrasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Radia Aiyub

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

