EVEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENDONGENG UNTUK PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PAUD KEMBANG SPATU DESA TABALEMA
Keywords:
Pembelajaran mendongeng, perkembangan bahasaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peningkatan perkembangan bahasa anak melalui pembelajaran mendongeng di PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rencana penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan terdiri dari 4 (empat) tahap kegiatan utama yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi (pengamatan), dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Untuk melakukan analisis data menggunakan teknik deskriptif kompratif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan perkembangan bahasa anak anak pada prasiklus dapat dinyatakan masih berada di bawah nilai standar minimum yaitu di bawah 68,67 dengan tingkat kualifikasi mulai berkembang. Peningkatan nilai di atas standar minimum yang ditetapkan, yaitu setelah dilakukan tindakan pembelajaran menggunakan kegiatan mendongeng pada siklus I dan II. Oleh karena itu, penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Pembelajaran dengan menggunakan kegiatan mendongeng pada indikator bahwa anak mampu dengan benar dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema. 2) Peningkatan perkembangan bahasa anak PAUD Kembang Spatu Desa Tabalema dapat dengan menggunakan kegiatan mendongeng terlihat pada rata-rata hasil kemampuan anak sesuda diadakan tindakan mengalami peningkatan sebesar 8,33% yaitu dari 68,67% menjadi 77%. Dan peningkatan sebesar 18,67% yaitu dari tindakan siklus I sebesar 77% menjadi 95,67%. Keberhasilan tersebut dapat dikatakan karena dari perbandingan pada prasiklus ke siklus I (tingkat kualifikasi berkembang sesuai harapan) dan dari siklus I ke siklus II (tingkat kualifikasi berkembang sangat baik)
Downloads
References
Adriana, D. (2011). Tumbuh Kembang Dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta:Salemba Medika.
Aqib, Z. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: CV. Yarma Widya
Arikunto, S. dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asfandiyar, Andi Yudha. (2007). Cara Pintar Mendongeng. Bandung: Dari Mizan
Departemen Kesehatan RI. (2006). Pedoman Pelaksanaan: Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan kesehatan Dasar. Jakarta: Dirijen pembinaan kesetahan Masyarakat.
Fauziddin, M (2014). Pembelajaran PAUD Bermain, Cerita Dan Bernyanyi Secara Islami. Bandung : Rosada.
Hertanto ,M. (2009). Penilaian Perkembangan Anak Usia 0-36 bulan Menggunakan Metode Capute Scales. Departemen Kedokteran Komunitas FKUI.
Hana, J. (2011). Terapi Kecerdasan Anak Dengan Dongeng. Yogyakarta: Berlian Media
Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Memilih, Menyusun, Dan Menyajikan Cerita Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta : Tiara Wacana
Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta:EGC.
Soebadi. (2013). Keluhan anak ketrlambatan bicara. http://idai.or.id/public- articles/klinik/keluhan-anak/keterlambatan-bicara.html.
Santrock, J. (2007). Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 1. Jakarta. Penerbit Erlangga
Upton, P. (2012). Psikologi perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga
Yunianti Dwi (2014).Pengaruh Terapi Glenn Doman Terhadap Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak Usia Prasekolah Di TK Ladas Berendai Prabumulih. Jurnal Keperawatan Sriwijaya Vol 1 No 1. Hal 47-54
Yuniartini (2012). Pengaruh terapi bermain terhadap tingkat kooperatif selama menjalani perawatan pada anak usia prasekolah (3–5 tahun) di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Surya Medika
Yusuf, (2012). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Wiriaatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Masria Atib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

