JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Penulis

  • Marfitriyana Sumarjan Institut Agama Islam As-Siddiq Kie Raha Maluku Utara

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan jual beli online dalam perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yaitu untuk memberikan penjelasan komprehensif tentang kelebihan dan kekurangan jual beli daring. Jual beli daring adalah kegiatan jual beli yang tidak mengharuskan penjual dan pembeli untuk bertatap muka. Pembeli melakukan pembayaran terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pengiriman barang. Melalui penjualan daring, penjual dan pembeli mendapatkan banyak keuntungan. Penjual tidak membutuhkan banyak uang untuk promosi, dll. Pembeli dapat mengakses barang di mana saja tanpa batasan waktu dan tempat, asalkan terhubung ke internet.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Jaziri, A. (1994). Fiqih Empat Madzhab. Semarang: CV. Asy Syifa.

Apipudin. (2016). Konsep Jual Beli dalam Islam ( Analisis Pemikiran Abdu al-Rahman al-Jaziri dalam Kitab al-Fiqh Al al- Madahib al- Arba’ah ). ISLAMINOMIC, V(2), 1–11.

Ardhinata, A. (2015). Keridhaan (Antaradhin) dalam Jual Beli Online (Studi Kasus UD.KUNTAJAYA Kabupaten Gresik).JESIT, 2(1).

Fitria, T. N. (2017). Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(1), 52–62.

Hardiawan, A. C. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Universitas Diponegoro.

Pekerti, R. D., & Herwiyanti, E. (2018).Transaksi Jual Beli Online dalam Perspektif Syariah Madzhab Asy-Syafi’i. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 20(2), 1–12.

Salim, M. (2017). Jual Beli secara Online menurut Pandangan Hukum Islam. Al-Daulah, 6(2), 371–386.

Susiawati, W. (2017).Jual Beli dan dalam Konteks Kekinian. Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 171–184.

Syaifullah.(2014). Etika Jual Beli dalam Islam. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 11(2), 371–388.

Wulandari, F. M. (2015). Jual Beli Online yang Aman dan Syar’i (Studi terhadap Pandangan Pelaku Bisnis Online di Kalangan Mahasiswa dan Alumni Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga). Az Zarqa’, 7(2), 201–220.

Unduhan

Diterbitkan

16-11-2025

Cara Mengutip

Sumarjan, M. (2025). JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF ISLAM. IQRA: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 4(1). Diambil dari http://jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra/article/view/58